Suryatech – IT Solution
SHARE :

Berapa Kecepatan Yang Saya Butuhkan Dan Mengapa Internet Saya Lemot?

3
04/2021
Kategori : Informasi / Teknologi
Komentar : 0 komentar
Author : Admin


Berapa Kecepatan Yang Saya Butuhkan Dan Mengapa Internet Saya Lemot?

“Berapa Mbps Internet yang saya butuhkan? Dan apa sih Mbps itu?”

Mbps itu adalah singkatan dari Megabits per second. Yang mana untuk mengukur banyaknya data yang dapat ditransfer dalam satuan waktu.

Contoh : Bandwidth sebuah koneksi Internet adalah 10 Mbps artinya koneksi Internet tersebut mampu mentransfer data maksimal sebanyak 10 juta bit data tiap detiknya.

Bandwidth itu bisa diibaratkan seperti pipa air. Makin BESAR diameter pipa (Bandwidth) semakin CEPAT dan BANYAK air yang dapat dialirkan dalam satu waktu. Jadi semakin besar Bandwidth maka semakin cepat koneksi internet.

Ada 3 hal yang perlu kamu ingat untuk menentukan berapa speed internet yang cocok untuk kita.

  • Berapa orang yang akan pakai internet
  • Seperti apa aktivitas online kamu dan orang orang rumah
  • Berapa banyak perangkat yang terhubung ke Internet

Jumlah orang : Kamu otomatis akan butuh lebih banyak bandwidth kalau orang yang pakai internet juga banyak. Kalau cuma kamu sendiri ya 1-2 Mbps juga cukup.

Pakai internet buat apa : Buat ngegame? Streaming, Youtube? Download film? Atau cuma buat stalking IG mantan? 😀 Masing-masing aktivitas online ini butuh speed internet yang beda beda.

Jumlah perangkat yang terhubung ke Internet: Semakin banyak perangkat yang kita punya terhubung ke Internet maka semakin besar bandwidth yang kita perlukan.

Berikut ini adalah panduan singkat berapa speed yang kamu butuhkan untuk masing-masing aktivitas online kamu

AktivitasRekomendasi Kecepatan
Streaming SD (Standard Definition)3Mbps
Streaming HD (High Definition)5Mbps
Streaming Music1Mbps
Gaming4Mbps
Video Cals1.5Mbps
Social Media1Mbps
Download5-50Mbps

Rekomendasi tersebut hanya basic. Misalnya, disitu disebutkan untuk streaming HD kita butuh 5 Mbps. Akan lebih baik kalau koneksinya lebih dari 5 Mbps untuk antisipasi biar pas kita nonton gak ada buffering

Kecepatan yang disarankan ini belum memperhitungkan dua faktor lain yang kita sebutin diawal tadi yaitu: jumlah pengguna dan jumlah perangkat yang terhubung

Yap, kecepatan yang disarankan ini cuma berlaku untuk 1 aktivitas 1 device pada satu waktu. Pertanyaanya zaman sekarang masih ada yang konek cuma ke 1 device? Biasanya di rumah kita ada anggota keluarga yang pasti konek juga ke internet.

Contoh: Kita sendiri streaming, di waktu yang sama ada kakak yang pake internetnya buat main game dan adik nonton youtube upin ipin, belum lagi kalo ada yang numpang wifi 😀

Nah dengan banyaknya perangkat canggih sekarang, penting banget kita mempertimbangkan berapa banyak bandwidth yang kita perlukan. Ya ini sama halnya kaya berapa jumlah orang yang pakai internet di rumah, semakin banyak perangkat yang konek ke internet maka semakin banyak bandwidth yang dibutuhkan.

Nah, selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas, ada juga factor yang menyebabkan koneksi internet kita lemot.

Faktornya antara lain yaitu karena cuaca yang buruk, misalnya di wilayah kita sedang hujan lebat, angin kencang, dan lain sebagainya.

Selain itu menempatkan router wifi kita di dekat barang elektronik lain juga mempengaruhi stabilitas sinyal wifi kita loh sob.

Penempatan yang terlalu mendekati lantai juga berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang kita dapatkan.

Jadi jangan dulu kita menyalahkan pihak provider ketika internet kita lemot ya sob. Coba kita cek dulu apakah memang yang sedang memakai wifi dirumah kita sedang banyak?, atau mungkin ada yang sedang youtuban atau download?

Nah langkah untuk mengatasi hal itu coba kita matikan dulu beberapa detik perangkat wifi kita ya sob. Setelah itu coba nyalakan kembali perangkatnya, dan coba di tes apakah masih lemot atau sudah membaik.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar